Posted by : Unknown Senin, 25 November 2013



Biografi 
Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua,  informasi mengenai seorang tokoh, prestasi tokoh tersebut, riwayat hidup, keistimewaan, sesuatu yang menarik dari tokoh tersebut, hal – hal yang dapat diteladani dan masih banyak lagi. bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga.  Isi atau kandungan dari biografi itu tergantung dari si penulisnya. Baik itu hal – hal positif dari tokoh yang dibiografikan ataupun hal – hal negative seperti kritikan. Tetapi umumnya untuk biografi yang terdapat di Indonesia, hanya memuat hal – hal positif.
 bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. 


Perbedaan Biografi dengan Berita

Biografi                                                                             Berita
Biografi berdasarkan pengalaman
Berita berdasarkan pengamatan
Biografi berasal dari masa lampau
Berita aktual
Biografi condong pada keistimewaan seseorang
Berita merupakan peristiwa
Biografi dapat diteladani
Berita sebagai wawasan

Cara mengidentifkasi biografi
caranya sama seperti mengidentifikasi berita, yaitu dengan mengidentifikasi isi dari 5W + 1H

berikut adalah salah satu contoh video tentang biografi seorang pesepakbola indonesia, Evan Dimas



Setelah anda melihat tayangan diatas, anda dapat melatih kemampuan untuk mengidentifikasi isi biografi dengan menjawab soal dibawah ini. semoga beruntung!

1. Bagaimana perjuangan Evan Dimas untuk menjadi pesepak bola profesional?2. Apa harapan Evan Dimas untuk Indonesia?3. Siapa nama lengkap Evan Dimas?4. Dimana tanah kelahiran Evan Dimas?5. Bagaimana tanggapan orang tua Evan Dimas?6. Apa prestasi yang telah diraih oleh Evan Dimas pada video di atas?7. Dimana seleksi diadakan?8. Kapan Evan bergabung dengan klub MITRA SURABAYA?9. Mengapa nama Evan Dimas menjadi gemilang?10. Siapa lawan Indonesia dalam video tersebut?

(jawaban bisa ditulis di kolom komentar)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Blogroll

blog ini dibuat oleh Ramanda Galang Bryantama dan didedikasikan bagi para pembaca sekalian untuk memenuhi segala informasi seputar Bahasa dan Sastri Indonesia

Pages

Blogger templates

Pages

Menurut anda, apakah blog ini sudah memenuhi standar kelayakan blog pada umumnya?

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Copyright © PUSAT PENGETAHUAN SASTRA INDONESIA -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan